Perbedaan Cutting Sticker Dengan Printing Decal

Bagi pemilik kendaraan bermotor seperti mobil atau motor yang menginginkan variasi atau penyegaran tampilan kendaraan mereka, pemasangan stiker bisa jadi salah satu pilihan. Pemasangan stiker menjadi favorit dibandingkan dengan cat karena waktu pengerjaannya lebih cepat.

Tetapi, sebelum memutuskan stiker apa yang ingin Anda pasang ke mobil atau motor Anda, sebaiknya Anda perlu mengetahui aplikasi umum yang sering digunakan: cutting sticker dan printing sticker.

Cutting

Keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Pemasangannya juga memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Cutting menawarkan pilihan warna yang solid, cocok untuk pemilik kendaraan yang ingin bermain di blok warna tanpa desain grafis yang rumit. Pemasangan stiker cutting bermain pada berbagai lapisan untuk menimbulkan beragam efek. Kekurangannya, biaya yang dikeluarkan cukup mahal, terlebih bila dengan desain yang beragam warna dan tidak dapat menggunakan desain grafis dengan warna gradasi karena stiker yang digunakan hanya satu jenis warna yang nantinya ditumpuk dan dikombinasikan dengan stiker warna lain.

Printing

Sedangkan printing stiker cocok untuk pemilik mobil yang mengedepankan desain beragam warna dan branding di mobilnya. Ini karena printing stiker menggunakan mesin printing digital dengan teknologi terbaru untuk mencetak desain yang cukup sulit. Dari segi biaya, printing relatif lebih murah daripada cutting stiker. Kekurangannya, hasil printing lebih cepat pudar terlebih jika menggunakan bahan dan mesin printing kualitas rendah.

Untuk mempertahankan warna printing stiker agar lebih awet biasanya stiker akan ditambahkan lapisan laminasi atau dengan furnish. Kekurangan dari penggunaan laminasi adalah stiker akan jadi lebih tebal sedangkan pada furnish pengerjaan di tempat aplikator harus bersih dan terlindung.

Untuk informasi mengenai bahan stiker yang cocok untuk Anda, silakan hubungi DUNIA WARNA STIKER - ONE STOP STICKER SOLUTION.