Perbedaan Jenis Mata Pisau Mesin Cutting

Seberapa penting mata pisau cutting Anda?

Mesin cutting Anda mungkin model biasa atau mesin canggih dengan fitur contour-cut, atau servo, namun semua kekuatan dan ketepatan itu disalurkan ke stiker/media melalui mata pisau. Jadi jika Anda menggunakan mata pisau yang salah, atau jika Anda menggunakan mata pisau yang sudah rusak, atau bahkan jika mata pisau Anda dipasang dengan tidak benar, semua kekuatan dan ketepatan itu tidak berguna. Jika Anda menggunakan mata pisau mesin cutting yang tepat dan memasangnya dengan benar, hasil potong mesin cutting Anda akan menjadi lebih baik. Dunia Warna Stiker akan membantu memberikan informasi seputar mata pisau mesin cutting yang umum ditanyakan. Beberapa contoh pertanyaan yang umum adalah: Apakah pisau dapat digunakan dari satu merek pemotong ke yang lain? Berapa banyak ujung pisau yang harus dikeluarkan? Sudut pisau apa yang harus Anda gunakan untuk memotong suatu jenis stiker? Seberapa sering mata pisau harus diganti? Mata pisau sering juga disebut sebagai jarum. Semua jawaban untuk semua pertanyaan tersebut dapat ditemukan di artikel ini.

Apakah merk pisau cutting berpengaruh?

Mata pisau tidak ada yang universal atau bisa dipakai di semua merk mesin cutting. Pisau harus pas dengan dudukan pisau atau biasa disebut sebagai holder dan holder mata pisau harus sesuai dengan pegangan di kepala mesin cutting. Jadi, jika Anda membeli mata pisau, Anda harus memastikan mata pisau yang Anda beli kompatibel dengan mesin cutting yang Anda gunakan.
Mesin Graphtec dengan holder CB09 menggunakan mata pisau Graphtec untuk CB09, mesin cutting Roland menggunakan Roland blade, cutting plotter Mimaki menggunakan pisau Mimaki dan lain sebagainya. Mesin pabrikan China umumnya meniru mata pisau yang sudah disebutkan sebelumnya. Pabrikan GCC dari Taiwan pun saat ini membuat produk mereka lebih mudah diterima di pasar dengan merancang mesin cutting buatan mereka agar kompatibel dengan mata pisau dan holder Roland. Merk pisau cutting yang beredar di Indonesia sangat banyak namun umumnya serupa tapi tidak sama. Kualitas mata pisau tersebut tergantung dari pabrik asalnya. Dunia Warna Stiker menjual mata pisau dengan kualitas terbaik jadi tidak perlu ragu ketika membeli mata pisau Jinka atau Roland kepada kami.

Berapa Banyak Pisau yang Harus Diekspos?

Mata Pisau Mesin Cutting Graphtec
Hanya keluarkan ujung pisau secukupnya untuk menembus stiker.

Baik Anda membeli dan memasang pisau pengganda vinil pengganti atau memasang blade OEM dengan pemotong baru, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah berapa banyak pisau yang harus diekspos. Jika Anda memiliki cukup pisau yang mencuat untuk melihat dan merasakan ujungnya dengan jelas, itu mungkin terlalu jauh. Sebagian besar pemilik vinyl cutter baru memasang bilah dengan tidak benar dengan menonjol terlalu banyak dari dudukannya. Atur agar Anda hampir tidak bisa melihat ujungnya. Kemudian ambil pegangan pisau dan tarik secara manual pada selembar vinil membuat pola kotak atau persegi. Anda seharusnya dapat menyianginya dengan mudah, tetapi Anda tidak harus melihat skor yang dalam dari liner pelepas. Jika Anda membalikkan vinil, Anda seharusnya tidak bisa merasakan garis potong di bagian belakang liner. Jika Anda dapat memotong vinil secara manual tanpa mengukir liner, Anda mendapatkannya dengan benar (Gbr. 1). Sekarang instal pegangan pisau di alat penggerak, sesuaikan pengaturan kekuatan pemotong, dan lakukan tes pemotongan. Tweak kekuatan pemotongan sampai Anda mendapatkan hasil yang sama. Satu-satunya waktu Anda membutuhkan lebih banyak ujung pisau yang terpapar adalah saat Anda memotong material yang sangat tebal seperti kawanan perpindahan panas atau film stensil sandblast. Jika tidak, gunakan aturan ‘less is more’.

Perbedaan derajat kemiringan mata pisau?

Pisau mana yang harus Anda gunakan untuk suatu jenis stiker vinil? Pisau 45° umumnya digunakan pada sebagian besar media. Untuk bahan yang lebih tebal atau lebih keras, mata pisau 60° lebih efektif dalam memotong. Dua sudut pisau plotter yang paling umum dijual di Indonesia adalah mata pisau 45 dan 60 derajat. Sudut mata pisau disebut dalam derajat karena kedalaman pemotongan ditentukan dari sudut persimpangan antara ujung mata pisau dengan poros. Untuk pengerjaan cutting stiker vinyl seperti ORACAL 651, mata pisau 45° dapat digunakan dengan baik.

Derajat kemiringan mata pisau mesin cutting.

Selain itu ada pilihan mata pisau 30°, gunakan mata pisau ini untuk desain berukuran besar pada vinyl tebal. Namun mata pisau ini sulit ditemukan. Mata pisau 60° digunakan untuk bahan tipis seperti polyflex PU atau untuk pemotongan desain huruf kecil. Semua mata pisau tersebut hanya berbeda pada kemiringan ujungnya saja, namun tetap dapat dipasang pada holder mata pisau masing-masing.

Bagaimana dengan reflektif prismatic yang tebal? Beberapa film reflektif prismatik berintensitas tinggi, seperti reflektor 3M jenis Engineer Grade Prismatic 3430 EGP harus menggunakan mata pisau khusus yang direkomendasikan untuk memotong reflektor prismatic.

Apa itu Flock Blade?

"Flock" adalah jenis khusus film transfer thermal cuttable, alias "T-shirt Vinyl" yang digunakan untuk mensimulasikan rasa beludru tebal dari sweter tukang pos. Karena ketebalannya, pisau 60 ° diperlukan untuk memotong kawanan. Oleh karena itu istilahnya, ‘flock blade’. Namun, mayoritas film transfer termal yang digunakan sangat tipis dan lunak - sebanding dengan 2mil vinil. Untuk film standar seperti HotMark, QuickFlex, atau Easy Weed, pisau standar 45 ° baik-baik saja. Untuk film perpindahan panas kawanan atau reflektif, gunakan pisau 60 °.

Bagaimana dengan kaca film?

Kaca film jendela mobil atau gedung biasanya memiliki ketebalan 2 mil atau lebih tipis, dan tidak mempunyai release paper / kertas belakang seperti stiker ORACAL atau reflektif. Umumnya mata pisau harus disetting agar pemotongan tidak terlalu dalam.

Cutting sticker desain kecil tipis?

Mencoba membuat cutting yang sangat kecil, font yang memiliki detail tipis, menimbulkan tantangan yang berbeda. Bagian-bagian tertentu sangat kecil pada cutting tipis sehingga rotasi pisau standar 45 ° menyebabkan tepi vinil somplak terangkat saat huruf sedang dipotong. Ini adalah masalah yang mengganggu yang umumnya menyebabkan desain menjadi rusak. Solusi untuk cutting tipis adalah gunakanlah mata pisau 60°. Mata pisau ini sangat runcing sehingga ketika cutting desain kecil perputaran pisau tidak menyebabkan siku pemotongan menjadi keriting. Hasilnya adalah grafik yang dipotong tepat dan presisi.

Merawat dan kapan harus mengganti mata pisau

  • Kapan harus mengganti mata pisau? Periksa mata pisau Anda ketika Anda mulai memiliki masalah ketika mengkelet stiker cutting Anda, atau jika Anda melihat penurunan kualitas potongan. Terkadang kerusakan pada mata pisau dapat dilihat dengan jelas, terkadang tidak. Jika terlihat masih mulus tetapi hasil cutting tidak baik, cobalah pisau baru dan lihat apakah kualitas hasil cutting meningkat.
  • Tidak ada daya tahan standar untuk mata pisau mesin cutting. Ketahanan mata pisau tergantung pada berapa banyak vinil yang Anda potong, dan jenis material apa yang Anda potong. Manik-manik kaca dan serpihan logam yang terdapat dalam stiker scotchlite reflektif dan metalik lebih cepat menurunkan daya tahan mata pisau dibandingkan dengan stiker vinyl  standar seperti ORACAL 651 Glossy. Selain itu, seberapa pedulinya Anda mengatur derajat mata pisau Anda untuk bahan yang Anda potong memengaruhi ketajaman mata pisau mesin cutting.
  • Jangan memotong terlalu dalam. Kertas dapat menumpulkan mata pisau lebih cepat. Memotong terlalu dalam hingga menembus ke bagian kertas dapat mempercepat kerusakan mata pisau, menumpulkan ujung mata pisau dan hasil cutting menjadi lebih sulit untuk dikupas.
  • Bagaimana dengan perawatan? Pemeliharaan mata pisau cutting plotter sangat mudah. Jaga agar tetap bersih. Bekas vinyl dan lem yang tertinggal di dalam holder pisau dapat mengganggu rotasi mata pisau dan menurunkan kualitas pemotongan. Periksa holder mata pisau secara berkala dan bersihkan semua kotoran yang ada.

Memilih dan menggunakan mata pisau dengan bijaksana adalah langkah yang mudah tetapi sangat penting untuk menjaga kualitas pekerjaan cutting Anda. Pilihlah mata pisau yang tepat untuk cutting plotter Anda. Pasang dengan benar dan pilih sudut pisau yang tepat untuk pekerjaan itu. Mengawasi ketajaman mata pisau dan selalu siap untuk menukar pisau dengan yang baru saat kualitas hasil cutting menurun. Lakukan ini dan Anda akan mendapatkan kinerja optimal dari mesin cutting tercanggih Anda.